Jaminan KEAMANAN keselamatan kita di dalam Yesus Kristus — “DIA pasti memegang kita erat-erat” dan tidak akan membiarkannya hilang/lepas. Karunia terbesar mengetahui kepastian keamanan keselamatan telah dijamin kekal (bukan sementara). Ayat di atas mengandung LIMA pernyataan kuat tentang keselamatan domba-domba-Nya yang asli:

I. “HIDUP KEKAL” (AY 28)

Yesus memberikan “hidup yang KEKAL.” Yang “abadi”, pasti bertahan sangat lama. Berlangsung selama2nya. Kamus Alkitab Yunani mengatakan “kekal” artinya “masa depan yang tidak pernah berakhir”. Jadi, “kehidupan kekal” adalah kehidupan yang “tidak memiliki akhir”. Jadi tidak bisa kehilangan hidup yang “tidak ada habisnya”. “Tidak memiliki akhir”, artinya “TIDAK akan berakhir”. Jadi jika bisa kehilangan, itu bukan “kehidupan abadi.” Anda harus menyebutnya sesuatu yang lain: mungkin “kehidupan sementara”, tetapi itu bukan “kehidupan kekal.” Kehidupan abadi berlangsung selamanya. Jika itu tidak bertahan selamanya, itu bukanlah hidup yang kekal.

Yesus berkata “Aku memberikan hidup yang KEKAL”.” Jadi ketika Anda diselamatkan, Anda mendapatkan “kehidupan kekal” —berarti bahwa itu tidak akan pernah berakhir.

Keselamatan kekal tidak direbuat dengan amal, etika moral. Bukan berarti jika Anda berbuat cukup atau sangat baik sepanjang hidup, maka pada akhirnya Yesus akan memberi Anda hidup yang kekal. Tata bahasa “AKU MEMBERI mereka” adalah present tense. Dia memberikan domba-domba-Nya, yang mendengar suara-Nya dan mengikuti Dia, Kehidupan Kekal SEKARANG. Dan seperti yang telah kita lihat, “kehidupan kekal” berarti tidak akan pernah berakhir. Jadi ketika Anda benar-benar menyerahkan hidup Anda kepada Yesus, Anda memiliki “kehidupan kekal” yang dimulai di bumi ini, sekarang juga, dan itu tidak akan pernah berakhir untuk alasan apapun.

Yesus tidak mengatakan bahwa Dia memberi kita “kehidupan sementara;” Dia berkata Dia memberi kita “kehidupan kekal,” yang berarti hidup yang TIDAK AKAN PERNAH berakhir. Anda tidak perlu khawatir kehilangannya, hari ini, besok, atau lain kali Anda benar-benar mengacaukannya. Anda tidak akan pernah bisa kehilangannya. Yesus berkata bahwa Dia memberi kita “kehidupan KEKAL.”

II. “AKU MEMBERIKAN HIDUP YANG KEKAL KEPADA MEREKA

Hidup kekal adalah sebuah HADIAH. Dia MEMBERINYA kepada kita saat berdosa (Roma 6:23, 3:23, Efesus 2:8-9). TIDAK ADA di antara kita yang layak mendapatkan hidup yang kekal. Hanya pemberian. Kebanyakan orang tidak benar-benar mengerti ayat ini. Mereka “berusaha” untuk menjadi cukup baik untuk mendapatkan tempat di surga, dengan pergi ke gereja, dan melakukan perbuatan baik. Satu-satunya cara Anda dapat diselamatkan adalah pertama-tama menyadari bahwa Anda tidak pernah layak mendapatkannya, dan terima saja sebagai HADIAH dari Tuhan.

Yesaya 55:1, yang menyatakan bahwa keselamatan adalah “tanpa uang dan tanpa harga” alias GRATIS (Latin Gracia). jika kita ingin mendapatkan keselamatan, kita harus menerimanya sebagai HADIAH. Jika kita tidak “memperoleh” keselamatan kita dengan perbuatan baik kita, bagaimana kita bisa “tidak memperolehnya” dengan perbuatan buruk kita? Satu-satunya cara Anda dapat berpikir bahwa Anda akan kehilangan keselamatan Anda karena perbuatan Anda adalah jika Anda mengira Anda memperolehnya dari pekerjaan Anda sejak awal. Keselamatan adalah sebuah HADIAH. Dan Anda tidak dapat “membatalkan” hadiah. Yesus berkata, “Aku MEMBERIKAN hidup yang kekal kepada mereka.” Jadi itu seharusnya membuat kita aman dalam keselamatan kita.

III. “TIDAK PERNAH BINASA

“Binasa” mengacu pada kehancuran kekal yang terpisah dari Tuhan selamanya. Kata yang digunakan dalam Yohanes 3:16. Perhatikan kata “tidak akan binasa.” Kata “tidak pernah” di Yunani “ou me” adalah negatif gan, jadi artinya “TIDAK TIDAK!”. Dalam terjemahan Inggris maupun Indonesia bila dipakai “tidak tidak” menjadi tidak baik. Tetapi dalam bahasa Yunani digunakan negatif ganda, ketika menekankan/menegaskan bahwa sesuatu TIDAK akan terjadi: Ini adalah cara untuk mengatakan “tidak pernah!” Salah satu otoritas Yunani mengatakan kombinasi khusus dari “ou me” ini berarti “tidak mungkin” atau “pasti tidak”, “pasti tidak akan pernah”.

Jadi, tidak ada kemungkinan bahwa Dia akan meninggalkan Anda. Yesus berkata di sini, bahwa “tidak ada kemungkinan” bahwa domba-domba-Nya yang sejati akan binasa. Dia berkata, “mereka TIDAK AKAN PERNAH binasa” — “ou me” — “double negative;” “itu tidak akan terjadi”! — BAHKAN TIDAK ADA KEMUNGKINAN — salah satu domba Yesus akan binasa! Keselamatan mereka terjamin.

IV. “TIDAK ADA YANG AKAN MEREBUT MEREKA

Ketika Anda adalah salah satu domba Yesus, Dia berkata bahwa Anda “di tangan-Nya.” Ketika berada di tangan-Nya tak seorang pun yang dapat merenggutmu. Ada banyak orang yang menentang kita sebagai orang Kristen, tetapi Dia berkata TIDAK ADA dari mereka yang dapat mengambil Anda dari tangan-Nya.

Orang bisa mengecilkan hati kita dalam perjalanan ke-Kristenan kita. Sehingga Anda benar-benar putus asa dan hampir siap untuk menyerah. Tapi TAPI YESUS mengatakan bahwa MEREKA TIDAK BISA MEREBUT-MU DARI TANGANNYA!

Atau mungkin anda kalah berdebat iman dengan seseorang, Yesus berkata TIDAK ADA seorang pun – bahkan pendebat yang paling tajam sekalipun – yang dapat mencabut Anda dari tangan-Nya!

Atau bagaimana dengan Iblis itu sendiri? Setan mungkin menggoda Anda; dia mungkin mengalahkanmu; dia mungkin mempermalukan Anda. DIA mungkin, dengan izin Tuhan, menyerang tubuh Anda dari kepala sampai kaki seperti yang dia lakukan pada Ayub. Tapi ada satu hal yang TIDAK BISA DIA lakukan: DIA TIDAK DAPAT MENCAKARMU HINGGA KELUAR DARI TANGAN TUHAN! Perhatikan Roma 8:35, TIDAK ADA yang dapat memisahkan Anda dari kasih-Nya, kata Yesus. TIDAK ADA yang dapat mencabut/mengambil Anda dari tangan-Nya.

V. “BAPA-KU” (ay 29)

Yesus menyatakan BAPA-Nya adalah kunci keamanan kekal. Yesus berkata Bapa MEMBERIKAN domba-domba-Nya kepada Yesus, yang LEBIH BESAR dari semua; dan yang MEMEGANG kita di tangan-Nya.

Berikut adalah “tiga janji” bahwa keselamatan kita bergantung pada Tuhan, dan bukan hanya usaha kita sendiri:

1) Bapa MEMBERIKAN domba-domba ini kepada Yesus
2) DIA lebih besar dari semuanya; dan
3) DIA MEMEGANG di tangan-Nya, dan tidak ada seorang pun yang dapat mengeluarkannya dari genggamanNya!

Alkitab berulang kali mengajarkan kita bahwa keamanan kekal kita didasarkan pada kuasa dan kesetiaan TUHANH, bukan pada kita (Efesus 1:13). Roh Kudus masuk dan “MEMETERAIKAN” kita, sebagai milik-Nya. Segel adalah tanda kepemilikan seseorang diselamatkan, Tuhan menempatkan “meterai”-Nya, “tanda kepemilikan”-Nya di hati orang tersebut, dengan mengatakan “ini adalah milikKU. Di Efesus 1: 14 bahwa Roh Kudus adalah “janji” dari warisan kita di surga. Kata “janji” di sana seperti istilah “uang”. Misal, ketika Anda memutuskan untuk membeli rumah, Anda memberikan “uang” jaminan terlebih dahulu sebagai cara untuk membeli dan jika tidak menindaklanjuti akan kehilangan uang yang sudah diberikan. Jadi Tuhan berkata di sini, ketika Anda diselamatkan, Dia memberikan Roh Kudus-Nya sebagai “uang-Nya” bahwa Anda akan benar-benar menjadi milik-Nya pada Hari Penebusan. DIA telah berjanji untuk membawa Anda ke surga, dan jika DIA tidak melakukannya, DIA akan kehilangan Roh Kudus-Nya sendiri! Tentu saja Dia TIDAK akan melakukan itu, begitulah kuatnya janji itu. DIA telah memberikan “uang yang sungguh-sungguh” dari Roh Kudus-Nya sebagai jaminan keselamatan Anda. Anda aman selamanya, karena ditepati oleh janji Tuhan! (bdk dengan II Timotius 1:12, 13). Harapan kita akan surga tidak didasarkan pada ketidaksetiaan kita yang berubah-ubah — jika memang demikian, TIDAK ADA di antara kita yang dapat yakin bahwa kita akan pergi ke surga. Tetapi sebaliknya dikatakan, bahkan ketika KITA “tidak setia; “DIA tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya sendiri.”

Kita mungkin memang tidak setia dalam perjalanan Kristen kita — sama seperti Petrus dan Thomas dan yang lainnya pada waktu yang berbeda dalam perjalanan mereka bersama Tuhan. Namun terlepas dari ketidaksetiaan kita, TUHAN selalu setia. Dia tidak akan mengingkari janji-Nya, bahkan jika kita mengingkari janji kita. Jadi keamanan keselamatan kita didasarkan pada DIA, dan bukan pada diri kita. Bahwa TUHAN memegang KITA, adalah jaminan keselamatan kekal kita. Keamanan kekal kita tidak didasarkan pada seberapa kuat kita berpegang pada Tuhan, tetapi pada seberapa kuat DIA berpegang pada KITA! Seperti yang dikatakan II Timotius, meskipun kita tidak setia, DIA akan selalu setia.

Bisakah Anda berbuat dosa dan kehilangan kedamaian? Ya kamu bisa. Dapatkah Anda berbuat dosa dan kehilangan sukacita? Anda pasti bisa. Bisakah Anda berbuat dosa dan kehilangan banyak berkat di bumi ini? Anda pasti bisa. Dapatkah Anda berbuat dosa dan kehilangan rasa kedekatan Anda dengan Tuhan? Ya kamu bisa.

Tetapi Anda mungkin berbuat dosa tetapi tidak dapat kehilangan keselamatan kekal Anda. Anda diselamatkan oleh kuasa dan kesetiaan Tuhan, dan Anda akan tetap aman oleh kuasa dan kesetiaan Tuhan yang sama itu.

APLIKASI & REFLEKSI:

Pertanyaannya adalah: APAKAH ANDA MEMILIKI JAMINAN KEAMANAN KESELAMATAN? Bila Ya, ada yang perlu kita perhatikan dari tuntunan Sang Gembala Agung pada konteks ayat ini. Jaminanmu dipastikan aman namun anda harus: (1) senantiasa mendengar suaraNya – anda tidak boleh semena2 (hidup sesukamu) (2) senantiasa mengikuti jalanNya – anda tidak bisa memimpin hidupmu sendiri (3) anda menempatkan diri sebagai domba yang taat dan yakin kepadaNya – anda tidak dapat bersandar pada ideology egomu sendiri.

Dan Ketika Anda merasa iman Anda akan gagal, Kristus akan memeluk Anda dengan erat. Ketika si penggoda akan menang, DIA akan menahan Anda dengan kuat … Dia akan menahan Anda dengan kuat; Dia akan menopangmu dengan cepat. Karena Juruselamatmu sangat mencintaimu … dan DIA akan memelukmu dengan erat!

TMH, 9 Mei 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.