Kepentingan Dipenuhi Roh TUHAN — Mikha 3:5-8

LD Tonny Mulia Hutabarat
Rabu, 2 Oktober 2024

Kepentingan Dipenuhi Roh TUHAN — Mikha 3:5-8

Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh TUHAN, dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya. (Mic 3:8 ITB)

Melawan nabi-nabi palsu adalah tema refleksi perikop 3:5-8. Seorang nabi adalah orang yang diilhami untuk mewartakan kehendak Tuhan. Sedangkan, seorang nabi palsu adalah orang yang berbicara menentang kehendak Tuhan.

Selama era Nabi Mikha, para nabi palsu menutup mata mereka terhadap praktik-praktik korup dan ketidakadilan yang dilakukan oleh para pemimpin Israel. Mereka memberikan harapan palsu kepada mereka yang mengabadikan kejahatan dan mendapatkan keuntungan dari keuntungan mereka yang korup. Para nabi palsu adalah penerima manfaat dari sistem yang korup karena itu mereka membuat orang-orang merasa tenang dengan percaya bahwa kedamaian Tuhan menyertai mereka.

Nabi palsu disebut palsu karena mereka gagal mengarahkan orang-orang kepada kehendak Tuhan yaitu pertobatan, keadilan dan kepedulian terhadap yang rentan dalam masyarakat. Para nabi palsu berbicara menentang mereka yang tidak mereka peroleh manfaat apa pun darinya. Nabi Amos dan Mikha menyingkapkan perbuatan jahat mereka, “Beginilah firman TUHAN tentang para nabi yang menyesatkan umat-Ku, yang menyerukan “Damai” pada waktu mereka makan sesuatu, tetapi menyatakan perang terhadap dia yang memasukkan sesuatu ke dalam mulut mereka. (Mikha 3:5)

Demikian pula, ada beberapa pendeta atau pengkhotbah yang tidak pernah berkhotbah menentang ketidakadilan, korupsi, dan kesulitan di negara ini. Beberapa orang menahan diri untuk tidak menyuarakan suara Tuhan terhadap pemerintah yang korup dan orang-orang yang mereka tunjuk karena mereka mendapatkan keuntungan finansial atau tidak langsung dari keuntungan yang diperoleh oleh para politisi atau pemimpin yang korup ini. Beberapa orang telah menjadi nabi partai politik yang berbisnis memberikan harapan palsu atau mengatakan hal-hal baik tentang pemerintah ketika jelas bahwa tidak semuanya baik-baik saja dengan negara ini.

Nabi-nabi yang gagal memberitakan kehendak Tuhan kepada bangsa atau pemimpin suatu bangsa tidak dikecualikan dari penghakiman Tuhan. Pendeta, Penginjil, dan pemimpin Kristen lainnya di zaman kita memiliki mandat kenabian untuk memanggil orang-orang agar bertobat dan mengarahkan mereka kepada kehendak Tuhan, tetapi jika mereka gagal melaksanakan mandat kenabian mereka dan malah mendapati diri mereka bersekutu dengan para pemimpin yang korup, maka mereka adalah nabi-nabi palsu, yang harus siap menanggung murka dan penghakiman Tuhan. Karena alasan inilah, Tuhan berkata tentang Nabi-nabi palsu “Sebab itu malam itu akan menjadi malam bagimu, tanpa penglihatan, dan kegelapan bagimu, tanpa tenung. Matahari akan terbenam bagi para nabi, dan siang hari akan menjadi gelap bagi mereka; para pelihat akan mendapat malu, dan para peramal akan mendapat malu; mereka semua akan menutupi bibirnya, karena tidak ada jawaban dari Tuhan. (Mikha 3:6-7) . Dengan kata lain, Tuhan akan mendatangkan atas mereka, penderitaan dan aib.

Ada jaminan bahwa jika kita memutuskan untuk mengejar jalan dan kehendak Tuhan terlepas dari era dan kepemimpinan waktu itu, Tuhan akan tetap setia kepada kita dan menguatkan kita dengan Roh-Nya untuk melakukan apa yang akan menyelamatkan kita dari murka atau penghakiman-Nya. Nabi Mikha bersaksi tentang fakta ini ketika dia menyatakan bahwa “Tetapi aku ini penuh dengan kekuatan, dengan Roh Tuhan, dengan keadilan dan keperkasaan, untuk memberitakan kepada Yakub pelanggarannya dan kepada Israel dosanya.” (Mikha 3: 8 ) Dengan kata lain, Tuhan akan memberdayakan para nabi, pendeta, pengkhotbah yang tetap setia pada panggilan mereka dan kehendak Tuhan bagi mereka dan umat-Nya. Penghakiman-Nya akan selalu menentang para nabi palsu! Shalom.

Mereka dipenuhi ROH TUHAN agar dikuatkan memberitakan pelanggaran dan dosa umat dan melawan pemimpin2 yang merencanakan kejahatan.