Hidup Yang Tenang – Mazmur 91-14-16

LD Tonny Mulia Hutabarat
Selasa, 24 September 2024

Hidup Yang Tenang – Mazmur 91-14-16

14 “Sungguh, hatinya melekat kepada-Ku, maka Aku akan meluputkannya, Aku akan membentenginya, sebab ia mengenal nama-Ku. 15 Bila ia berseru kepada-Ku, Aku akan menjawab, Aku akan menyertai dia dalam kesesakan, Aku akan meluputkannya dan memuliakannya. 16 Dengan panjang umur akan Kukenyangkan dia, dan akan Kuperlihatkan kepadanya keselamatan dari pada-Ku.” — (Psa 91:14-16)

Tuhan memberikan banyak janji yang besar dan berharga kepada orang yang mengasihi dan mengenal-Nya. Dalam ayat-ayat ini, yang melanjutkan pemikiran yang dimulai di ayat 14, kita menemukan lima dari janji-janji tersebut.

Tuhan pertama-tama berjanji untuk menjawab orang yang memanggil-Nya dengan iman. Ketika kita menelepon seseorang, ada kemungkinan mereka tidak akan menjawab. Mereka mungkin sedang pergi, atau tidur, atau mungkin mereka hanya membiarkan mesin penjawab menjawabnya. Ini tidak akan pernah terjadi pada Tuhan. Dia tidak tertidur atau terlelap. Dia tidak pergi berlibur. Dia tidak membiarkan asisten administrasi-Nya atau mesin penjawab menjawab panggilan. Dia akan menjawab – 91:15

Kedua, Tuhan berjanji untuk hadir bersama orang yang percaya kepada-Nya. Kehadiran Tuhan bersama umat-Nya tersirat di seluruh Mazmur 91 – aku menyertai -15 . Jika kita tinggal “dalam naungan Yang Mahatinggi” dan beristirahat “dalam naungan Yang Mahakuasa,” kita jelas hidup di hadirat TUHAN. Karena iman kita lemah, terutama saat masalah datang, TUHAN menyatakan janji itu dengan jelas dan mengulanginya berkali-kali.

Janji ketiga yang Tuhan berikan kepada anak-anak-Nya adalah memberikan mereka pembebasan dan kehormatan -91:14 [meluputkan dan membentengi]. Tidak ada cobaan atau masalah yang pernah atau akan datang dalam kehidupan orang percaya yang tidak memiliki akhir yang baik.

Keempat, Tuhan menjanjikan kehidupan yang panjang dan memuaskan (kenyang) bagi mereka yang percaya kepada-Nya. Anak2 Tuhan akan hidup cukup lama. Anak Tuhan akan merasa puas dengan kehidupan. Ada tertulis bahwa, “… ibadah itu disertai rasa cukup, memberi keuntungan besa (kepuasan).” Lihat juga Mazmur 81:16 dan 132:15.

Akhirnya, yang kelima, perhatikan bahwa Tuhan akan menunjukkan keselamatan-Nya kepada orang yang percaya kepada-Nya. Di sini orang-orang beriman diyakinkan bahwa kebaikan TUHAN jauh melampaui kehidupan ini. Kita yang percaya kepada-Nya diyakinkan bahwa semua janji ini dan masih banyak lagi adalah milik kita dan akan ditepati oleh Bapa kita yang penuh kasih.