Only Jesus, No Other — Kisah Para Rasul 4:12

LD Tonny Mulia Hutabarat
Sabtu, 3 Sabtu 2024

Only Jesus, No Other — Kisah Para Rasul 4:12

Neither is there salvation in any other: for there is none other name under heaven given among men, whereby we must be saved (Act 4:12 KJV)

John Hick mencoba menggambarkan semua agama besar memandang hal yang sama dari sudut pandang yang berbeda. Beliau mengatakan bahwa semua agama memiliki jalan keselamatan yang sama validnya. Yang satu mungkin dimulai di sini, tegasnya, dan yang lain di sana, tapi semuanya mengarah ke tempat yang sama. Pasti Hick keliru besar.

Hick gagal menjelaskan bagaimana agama-agama tersebut, yang memiliki keyakinan dan asumsi yang sangat berbeda mengenai realitas, bisa membawa orang ke pemikiran yang sama. Mungkin ada banyak jalan di hutan, tapi bukan berarti semuanya membawa orang ke tempat yang sama. Hick telah dikritik oleh umat Kristen yang taat, Budha, Konghucu, dan Tao. Hicks juga menganggap kematian Kristus tidak ada gunanya. Karena ada cara lain untuk mendapatkan keselamatan, dia tidak perlu mengorbankan nyawanya. Hick rohaniawan Kristen yang sesat.

Karl Rhaner mencoba mengatakan bahwa meskipun Kristus mati di Golgota dan diperlukan untuk keselamatan, pengetahuan tentang Kristus tidaklah demikian. Oleh karena itu, seseorang yang bukan Kristen, asalkan setia pada agamanya, bisa diselamatkan oleh Kristus karena pada akhirnya Kristus benar-benar menyelamatkannya. Pandangan Rhaner (rohaniwan dan pemikir Kristen), halus tetapi sama sesatnya dengan Hick.

Orang-orang Muslim dan Yahudi Ortodoks tidak akan kalah tersinggungnya dengan usulan Rhaner dibandingkan orang-orang Kristen yang taat. Tidak ada gunanya mempercayai apa yang diyakini orang, kecuali mereka yang ingin mempercayai apa yang diyakini Rhaner. Ia juga bertentangan dengan pesan Kristen yang mengatakan bahwa seseorang harus bertobat dan berpaling kepada TUHAN untuk menerima tawaran keselamatan dari Kristus (lihat Kisah Para Rasul 2:38; 3:19).

Meskipun umat Kristiani percaya bahwa kematian Kristus adalah satu-satunya jalan keselamatan bagi umat manusia, Kristus menawarkan keselamatan-Nya bagi semua orang. Siapa pun yang bertobat dan berpaling kepada-Nya untuk meminta keselamatan tidak akan ditolak, tidak peduli kecerdasan seseorang, status ekonomi, ras, jenis kelamin, atau apa pun. Yang Kristus minta agar kita lakukan hanyalah bertobat dan percaya kepada-Nya. Mengapa (Hick, Rhaner dll) membuatnya menjadi lebih rumit?

Yesus adalah TUHAN. DIA mati untuk menebus dosa kita. DIA adalah jalan keselamatan- hanya DIA, tidak ada jalan lain (tokoh agama, religiusitas, filsafat, moral dll). Kekristenan (agama belaka) tidak akan membuat kita lebih baik dari orang lain. Tetapi kekristenan sejati di dalam Kristus membuat kita menyadari keberdosaan dan menerima anugerah pengampunan dari Kristus sehingga kita diselamatkan (terselamatkan). Hanya YESUS, tidak ada yang lain.