Karunia Kenabian

LD Tonny Mulia Hutabarat
Rabu, 22 Mei 2024

Karunia Kenabian … Bilangan 11:29

Tetapi Musa berkata kepadanya: “Apakah engkau begitu giat mendukung diriku? Ah, kalau seluruh umat TUHAN menjadi nabi, oleh karena TUHAN memberi Roh-Nya hinggap kepada mereka!” (Num 11:29 ITB)

Karunia kenabian dalam artian para nabi PL adalah orang berbicara atas nama Tuhan, memanggil orang-orang kepada Tuhan agar beribadah yang benar dengan kehidupan yang benar, menghubungkan iman dengan tindakan.

Konteks Bilangan 11:29, Musa kesepian berbicara Firman Tuhan, merasa seperti tidak ada seorang pun yang mendengarkan, merasa tak seorang pun mau bergabung dengannya untuk tetap berpegang pada Firman Tuhan. Dan Tuhan melakukan/ menunjukkan kepada Musa bahwa dia tidak sendirian.

Tuhan mencurahkan Roh-Nya kepada 70 tua-tua, dan yang tidak ikut dalam pertemuan tua-tua, Eldad dan Medad, mencurahkan Roh-Nya kepada mereka, dan mereka bernubuat di perkemahan. Musa berharap seluruh umat Tuhan menerima Roh Kudus, agar semua umat Tuhan berbicara dan mengarahkan orang lain kepada kebenaran Firman Tuhan. Ini semacam “Pentakosta Terdinil”, Musa tidak sendirian. Pentakosta kecil yang terjadi di kitab Bilangan, terdapat lebih banyak nabi, lebih banyak orang yang memiliki Roh daripada yang diperkirakan

UmatNya yang dipanggil dan dipilih oleh-Nya, untuk memiliki tanggung jawab menyebarkan firman Tuhan (fungsional kenabian). Semua orang menjadi pembawa pesan Tuhan, menceritakan kebaikan-Nya kepada dunia. Kita hidup dalam dunia yang penuh dengan konflik, perang, kompetisi, kegelapan, keputusasaan. Banyak yang terasing, terluka, dan kehilangan arah. Namun, di tengah-tengah kegelapan ini, Tuhan memanggil kita untuk menjadi cahaya yang menyinari, menjadi suara yang mengumumkan kebenaran-Nya.

Bagaimana kita dapat melaksanakan panggilan ini? (1) setiap Kristen diberkati dengan karunia dan talenta yang unik (lih. 1 Petrus 4:10), (2) Membiarkan Roh Kudus berkarya dalam hidup kita. Musa tidak hanya meminta agar semua umat Tuhan menjadi nabi, tetapi juga agar Roh Tuhan ada pada mereka. Inilah kunci untuk menjadi saksi Kristus yang efektif. Ketika kita hidup dalam ketergantungan yang penuh kepada Roh Kudus, kita akan diperlengkapi dengan keberanian, hikmat, dan kasih yang diperlukan untuk memenuhi panggilan-Nya. (3) Bersedia melangkah keluar dari zona kenyamanan. Menjalankan fungsi kenabian nabi tidak selalu mudah. Memerlukan pengorbanan, ada penolakan, bahkan penderitaan. Ketika kita mengikuti panggilan-Nya dengan setia, Dia akan memimpin kita dan memperkuat kita dalam setiap langkah (Yeremia 1:8).

Kebenaran dari Pentakosta adalah, Tuhan mengirimkan Roh-Nya kepada kita, agar kiat dimampukan mengarahkan orang kepada kebenaran Firman Tuhan yang penuh kuasa.