3 HARI DOA & PUASA

LD Tonny Mulia Hutabarat
Sabtu, 18 Mei 2024

3 HARI DOA & PUASA … Ester 4:14-17

Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.” Maka Ester menyuruh menyampaikan jawab ini kepada Mordekhai: “Pergilah, kumpulkanlah semua orang Yahudi yang terdapat di Susan dan berpuasalah untuk aku; janganlah makan dan janganlah minum tiga hari lamanya, baik waktu malam, baik waktu siang. Aku serta dayang-dayangkupun akan berpuasa demikian, dan kemudian aku akan masuk menghadap raja, sungguhpun berlawanan dengan undang-undang; kalau terpaksa aku mati, biarlah aku mati.” Maka pergilah Mordekhai dan diperbuatnyalah tepat seperti yang dipesankan Ester kepadanya. (Est 4:14-17 ITB)

Ester dihadapkan pada keputusan hidupnya. Dia sendiri yang bisa melangkah maju untuk menyelamatkan orang-orang Yahudi dari pemusnahan, tapi dia membutuhkan keberanian yang mendalam. Ester membuat keputusan penting dan luar biasa. Dia bertekad mempertaruhkan nyawanya dengan menghadap Raja Xerxes untuk memohon belas kasihan bagi rakyatnya. Mordekai dan Ester bertukar pesan hingga keberanian muncul

Pesan Mordekai kepada Ester: (1). Ester sendiri adalah seorang Yahudi dan tidak akan lolos dari eksekusi. Menjadi ratu tidak ada artinya di hadapan hukum Persia, karena hukum Persia tidak dapat dibatalkan, bahkan oleh rajanya sendiri. Meskipun dia adalah istri dan ratu Raja Xerxes, dia juga ditakdirkan mati kecuali dia bisa membangkitkan Raja Xerxes untuk mencari cara untuk membatalkan keputusan tersebut. (2) Ester diangkat ke atas takhta sebagai ratu dengan tujuan untuk menyelamatkan umatNya (ayat 14). Jika dia gagal dalam misinya dengan berdiam diri selama krisis ini, Tuhan akan membangkitkan penyelamat lainnya.

Mordekai percaya bahwa Tuhan melindungi umat-Nya dari kehancuran, baik melalui putri angkatnya, Ester, atau melalui agen lain. Mordekai berpendapat bahwa Tuhan bertanggung jawab atas urusan manusia dan entah bagaimana caranya, Dia akan menyelamatkan umat-Nya.

Ester menanggapi tantangan Mordekai untuk menghadap raja. Mordekai memobilisasi orang Yahudi untuk berpuasa dan mendoakannya selama tiga hari, siang dan malam.

Ester meminta orang-orang Yahudi untuk berdoa memohon pertolongan Tuhan dalam misi berbahayanya. Ester mempertaruhkan nyawanya karena keyakinan bahwa dia telah dibangkitkan oleh Tuhan untuk saat seperti ini. Jika dia binasa, maka dia akan binasa, namun dia akan memenuhi tujuan Tuhan bagi hidupnya.

Dalam situasi yang mengancam nyawa, jangan menarik diri, bersikap egois, berkubang dalam keputusasaan, mintalah arahan dari Tuhan, dan bertindaklah! Ester memiliki komitmen melakukan yang benar meskipun ada konsekuensinya – kematian.

Ester dan Mordekai harus berdoa seolah-olah semua bergantung pada Tuhan dan bertindak seolah-olah semua bergantung pada mereka. Mencari wajah Tuhan, yang bisa memberi pertolongan permanen. Hanya Tuhan yang dapat memberi kemenangan berkelanjutan atas krisis-krisis. Ada harapan di dalam Tuhan. Berpaling kepada Tuhan dalam doa dan puasa, memohon pertolongan pada wajah-Nya, akan tersedia bantuan besar.