Satu Kawanan – Satu Gembala … Yohanes 10:16

LD Tonny Mulia Hutabarat
Jumat, 8 Maret 2024

Satu Kawanan – Satu Gembala … Yohanes 10:16

Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala (Joh 10:16 ITB)

Yesus datang untuk menyelamatkan kita dari dosa-dosa, untuk memuaskan, merawat, melindungi, menggembalakan jiwa kita. Itulah gambaran seluruh pasal 10. Yohanes 10:16 secara khusus menyatakan bahwa Ia mempunyai domba-domba lain yang bukan dari kandang ini, yang akan Ia bawa ke dalam kawanannya bersama-sama dengan Dia sebagai gembala.

Yohanes 10:16 mengingatkan kita akan amanat agung. Gembala yang baik membawa domba-domba dari seluruh dunia ke dalam kandang-nya. Yesus menugaskan kita untuk menuntaskan misiNya (Mat 28:19-20).

David Livingston adalah seorang misionaris yang pergi ke Afrika untuk menyebarkan Injil. Dia menyerahkan hatinya ke tempat-tempat sulit di Afrika sampai dia meninggal, sebelum mereka mengirim jenazahnya kembali ke Inggris tempat dia berasal, mereka mengeluarkan jantungnya dan menguburkannya di sana karena di sanalah dia memberikan nyawanya. Di batu nisannya di Westminster Abbey, tertulis Yohanes 10:16. David tahu, yakin bahwa ada domba lain yang membutuhkan dan akan mengenal Yesus sebagai gembala, dan dia menyerahkan hidupnya untuk mereka.

Yohanes 10:16 mengingatkan kita ada banyak non Kristen di sekitar kita. Yesus memilih untuk menggunakan kita mewujudkan misiNya. Kita wajib membagikan Injil hari ini dengan keyakinan, bahwa sebagian yang diinjili akan percaya. Pergi dengan keyakinan, dengan keberanian, dengan belas kasihan, dengan kasih, dan dengan iman, dengan mengetahui bahwa Yesus akan menyelamatkan, bahwa Yesus akan membawa orang-orang ke dalam kasih penggembalaan dan perhatian penggembalaan-Nya. Yesus memberikan kehidupan yang berkelimpahan kepada orang-orang di sekitar kita hari ini melalui pemberitaan Injil. Penyebaran Injil untuk peningkatan jumlah orang di tempat-tempat di seluruh dunia di mana Injil belum tersebar.

Yohanes 10:16 menuntun kita berdoa, agar kita diperlengkapiNya, dilindungiNya, dikuatkannya, dipimpinNya, digunakanNya, untuk membawa orang lain mengenal Yesus Kristus.